Featured Post Today
print this page
Latest Post

BELAJAR OLAH VOCAL


Mengatasi Nada Fals
Ketika bernyanyi live seorang penyanyi terkadang ’terpeleset’ ke dalam nada-nada fals. Hal ini cukup wajar terjadi, karena biasanya diakibatkan oleh beberapa faktor kendala, sebagaimana telah dibahas pada tulisan saya sebelumnya. Akan tetapi, akan sangat tidak wajar jika penyanyi tersebut selalu fals dalam setiap penampilannya. Tentunya ada something wrong di balik itu.
Apakah ia harus pensiun sebagai penyanyi?? Oh tidak, tentunya kesimpulan itu terlalu dini. Setidaknya ia harus berusaha terlebih dahulu untuk memperbaiki kemampuan vokalnya melalui latihan intensif. Setahap demi setahap ia akan memiliki kepekaan terhadap nada, sehingga ia mampu untuk mengontrol nadanya dengan baik.
Di dalam term akademis dikenal teknik latihan solfegio (baca:solfej). Bentuk latihan solfegio bervariasi, mulai dari yang termudah sampai ke tingkat yang relatif sulit. Gunanya adalah untuk melatih ketajaman dan ketepatan nada si penyanyi. Salah satu bentuk latihan solfegio yang cukup praktis dan mudah digunakan adalah teknik latihan yang dikenal dengan nama ’moami amo’.
Sesuai dengan tujuannya, yakni untuk melatih kepekaan nada, latihan ini bertumpu kepada penguasaan tangga nada melalui naik turunnya nada. Selain untuk melatih kepekaan nada, ’moami amo’ juga sangat bermanfaat untuk lebih melenturkan vokal. Tak sedikit penyanyi pemula masih memiliki vokal yang cenderung ’kaku’. Maksudnya, ketika menemukan perpindahan nada tertentu (misal cengkok dangdut, legato, dll) sangat sulit ia raih. Nah melalui ’moami amo’ ini kendala itu bisa diatasi.
Oke, sekarang kita coba praktekkan. Ikuti nada-nada di bawah ini :
| 1 3 | 2 4 | 3 5 | 4 2 | 1 . | . . | . . |
mo o a a mi i a a mo
moamiamo
Ulangi beberapa kali hingga nada demi nada terkuasai dengan baik. Untuk ’moami amo’ pertama, cari dan tentukan nada dasar yang paling bawah. Ingat, kontrol selalu setiap nada yang dinyanyikan. Pastikan nada benar benar pas! Setelah itu baru dinaikkan nada dasarnya satu demi satu. Lakukan terus hingga mencapai nada tertinggi yang bisa dikuasai. Jika telah mencapai nada dasar yang cukup tinggi, ada kendala yang biasa dijumpai, yaitu nada 5 (sol) akan semakin sulit dicapai. Oleh karena itu, perketat lagi kontrol nada, khususnya terhadap nada 5 (sol) tadi.
So, coba dulu aja….

Lakukanlah latihan bernyanyi dengan menutup salah satu telinga, bisa telinga kiri atau kanan. Dengan menutup salah satu telinga ketika bernyanyi, kita bisa lebih jelas mendengar output vocal kita. So, kita bisa lebih mudah mengontrol nada yang kita keluarkan.
Cara ini bisa juga dilakukan ketika kita sedang bernyanyi di atas panggung. Di tengah bingarnya iringan musik, terkadang kita sulit mengontrol nada. Nah, dengan menutup salah satu telinga, vocal kita akan lebih terkontrol. Tapi, untuk menjaga performance, sebaiknya cara ini dilakukan ketika diperlukan saja. Jangan terlalu sering, cukup ketika kita betul betul sangat sulit mengontrol nada atau ketika kita akan menjangkau nada-nada yang beresiko.

Seorang penyanyi harus mampu melakukan kontrol nada (pitch control) ketika bernyanyi. Hal ini sangat penting dilakukan untuk menjaga konsistensi vokal, sehingga terhidar dari nada fals (atonal). Munculnya nada fals akan sangat menggangu kenikmatan pendengar. Akibatnya, cemoohanlah yang akan mendera si penyanyi. Bahkan, lebih parah lagi, ia akan kehilangan kredibilitas!
Ada beberapa faktor penyebab munculnya nada fals:
~ * Talenta Musik
Tuhan menciptakan manusia dengan karakter dan kemampuan masing-masing. Ada orang yang memiliki talenta musik yang baik, ada pula yang tidak memilikinya. Seseorang yang sama sekali tidak memiliki kecenderungan musik (musikalitas) yang baik, akan cukup sulit untuk menjaga dan mengontrol nada. Diperlukan kerja keras dan cerdas untuk mendapatkannya. Memang ada beberapa tips latihan vokal yang bisa mengatasinya, namun memerlukan waktu relatif lama.
Lain halnya dengan seseorang yang telah memiliki talenta musik (sekecil apapun itu). Melalui latihan intensif, ia akan lebih mudah menguasai dan mengontrol nada, hingga ia bisa bernyanyi mulus, tanpa fals sedikitpun.
~ *Range Vokal Penyanyi
Range Vokal adalah jarak antar nada dari satu interval ke interval lainnya. Dimana satu interval terdiri dari nada: do re mi fa sol la si. Sementara tata nada sebelum dan sesudahnya adalah interval lain.
Manusia pada umumnya, paling tidak memiliki 2 interval nada. Namun ada juga yang memiliki 6 interval, bahkan 8 interval nada. Vokalis Steel Hearth, Mariah Carey, Whitney Houston adalah beberapa penyanyi dengan range vokal sangat panjang.
~ *Nah, apa hubungannya dengan Fals?
Penyanyi dengan range vokal pendek, dia akan kesulitan menjangkau nada-nada yang terlampau tinggi atau rendah. Saat itulah yang paling rawan bagi mereka.
~ *Penguasaan Teknik Vokal
Bagi para penyanyi dengan range vokal pendek, sebetulnya ada beberapa cara untuk menghindari ranjau-ranjau fals. Diantaranya adalah dengan menggunakan teknik falseto dan cop stemp. Kedua cara ini hampir sama, yakni dengan menggunakan nada ’palsu’ ketika menemui nada-nada tinggi. Perbedaanya adalah output power cop stemp lebih kuat dibandingkan dengan teknik falseto. Sehingga, dengan cop stemp, seolah-olah ia mengeluarkan nada ’asli’ atau normal.
Nah, jika kedua teknik ini tidak dikuasai, maka nada fals akan relatif banyak ditemukan.
~ *Tingkat Kesulitan Lagu
Tingkat kesulitan lagu berbeda-beda. Mulai dari yang hanya memiliki dua atau tiga chord saja. Hingga lagu yang memiliki puluhan chord dalam musik pengiringnya. Untuk lagu yang relatif mudah, tentunya tidak terlalu dibutuhkan kemampuan ekstra untuk mengontrol nada. Tetapi, ketika menyanyikan lagu dengan tingkat kesulitan tinggi, seringkali diperlukan beberapa kali latihan penguasaan untuk mendapatkan kualitas vokal yang mulus dari lagu tersebut. Hal ini tidak hanya dialami oleh para penyanyi pemula, tetapi juga oleh para penyanyi kaliber profesional sekali pun. Terutama dalam take vokal untuk rekaman di studio. Seorang penyanyi profesional bisa berkali-kali mengulang baris lagu yang sulit, untuk mencapai tone yang sempurna.
~ *Perangkat Audio Pendukung
Selain faktor internal penyanyi, faktor eksternal juga turut menentukan munculnya nada fals. Misalnya dalam sebuah pertunjukan di dalam gedung yang tidak disertai dengan setting akustik ruangan yang memadai, kemudian kualitas sound system seadanya, dengan tanpa disertai monitor vokal yang baik, niscaya si penyanyi akan sangat kesulitan untuk mengontrol nada.
Sehebat apapun kemampuan vokal si penyanyi, jika menghadapai kondisi seperti itu akan sangat sangat keteteran. Gedung tanpa penataan akustik yang baik, akan menimbulkan gaung yang sangat mengganggu stabilitas tempo. Akibatnya sangat fatal, konsentrasi penyanyi terganggu, harmonisasi musik dan lagu semakin kacau, karena si penyanyi akan menggunakan acuan tempo musik hasil pantulan (gaung), sementara si pendengar/penonton mendengarkan tempo yang asli.

banyak kan diantara teman2 yang ingin belajar olah vocal ato kepingin bisa nyanyi..? Nah, disini saya ada sedikit tips yang saya dapet dari orang2 yang berpengalaman dibidang vocal.
untuk memulai latihan vokal yang baik itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan;
~*1. Relax.
Seluruh badan mulai dari kepala sampai ujung kaki harus diberi latihan supaya santai.
Misal:
ambil napas pelan-pelan, lalu hembuskan. Diulang terus dengan teratur.
Bisa juga pada saat menghembuskan badan kamu bungkukkan badan (kayak posisi rukuk waktu sholat, tapi kepala nggak lihat ke depan, tapi ke bawah (bahkan agak ngeliat ke belakang lewat kolong kedua kaki), juntaikan tangan ke bawah. Digoyangkan biar relax. (posisi kedua telapak kaki lurus ke depan dengan jarak sejengkal di antara keduanya.
Lalu perlahan-lahan naik, angkat badan kamu, tapi tumpu kekuatan lewat punggung. Jadi kamu akan ngerasa kalau tulang belakang kamu itu perlahan-lahan naik ke atas ngikutin badanmu yang ikut tegak. Selama proses itu kamu bernapas dengan teratur. (Kalau ada temanmu, dia bisa memijat punggung sembari badanmu naik menuju posisi tegak.
Itu sangat membantu proses relaksasi.
~ *2. Latih bagian rahang dengan huruf-huruf vokal dan konsonan. Ingat, rahang harus relaks.

A I U E O
latihan diafraghma:
huruf K-Ch-K-ch-sssst-th. dengan tempo cepat.
ho-ho-ho…ha-ha-ha
Lalu latihan wilayah nasal (hidung):
“nya-nya-nya” dengan benar-benar menekankan suara cempreng dari hidung.
Lalu latihan bibir
nyanyikan tangga nada dengan bibir terkatup jadi bunyinya bakal
“brrrrr-brrrr-brrr-brrr”
nyanyikan tangga nada, arpeggio, secara staccato (patah) maupun legato.
Latihan lidah
“La-la-la. ra ra ra, tatata.”
(biar ga bosen bisa sekalian latih semuanya pakai tangga nada, arpeggio.)
~ *3. Setelah sudah relaks, kamu baru boleh nyanyi.
Ketika nyanyi, harus konsentrasi dengan target nada. Napas harus teratur dan kontrol power dengan baik.
Ini adalah bagian utama dan terpenting dalam sebuah latihan vocal. Kalian tahu kenapa..? Karena nafas adalah penggerak utama dari suara. Kuatnya nafas dapat menimbulkan dan menciptakan getaran sebagai sumber dari pada “ Bunyi “. Dan nafas juga sebagai Vitamin yang paling ampuh untuk menyehatkan suara. Makanya pernafasan harus dilatih dengan baik dan teliti.
Dalam bernyanyi, kita mengenal 3 ( tiga ) jenis pernafasan. Masing – masing mempunyai kelebihan dan kelemahan tersendiri:
~ *1. Pernafasan Bahu
Yaitu pada saat mengambil / menarik nafas, dilakukan dengan mengangkat bahu untuk mengisi paru-paru. Cara seperti ini tidak begitu baik, karena nafas yang dihasilkan dangkal dan mengakibatkan kalimat jadi terputus-putus.
~ *2. Pernafasan Dada
Yaitu dengan membusungkan dada pada saat menarik nafas untuk mengisi paru-paru. Cara seperti ini juga tidak begitu baik, karena jadi terkesan cepat lelah dan akibatnya suara jadi tidak stabil dan terputus-putus.
~ *3. Pernapasan Diafragma
Lazim kita sebut dengan pernafasan rongga perut. Yaitu menarik / mengambil nafas untuk mengisi paru-paru dengan mengembangkan rongga perut atau diafragma, serta mengembangkan tulang rusuk. Cara inilah yang terbaik yang dilakukan untuk bernyanyi, karena akan menghasilkan nafas yang panjang, ringan, santai dan produksi suara lebih bermutu.
Dengan pernafasan diafargma penyanyi dapat leluasa dalam berekspresi karena tidak ada tekanan dan desakan dalam pernafasan.
***Cara melatih pernapasan dalam menyanyi
Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melatih pernafasan ini, khususnyamelatih “DIAFRAGMA” penyanyi, antara lain:
~ *a. Dengan berdiri santai, badan lurus, sambil meletakkan ujung jempol jari di ujung tulang rusuk terbawah. Tariklah nafas melalui hidung dengan cara perlahan atau dengan cepat, dan rasakan bahwa jempol kamu tadi terdorong kesebelah luar, sebagai reaksi dari melonggarnya tulang iga.
Jika telah terasa penuh, kemudian nafas tadi dikeluarkan dalam bentuk senandung vocal “a” atau konsonan “s” ataupun dengan hitungan. Yang jelas bukan dengan cara mendorong, tapi mengeluarkan nafas sehemat mungkin.
Lakukan minimal 20x setiap hari atau setiap ada kesempatan buat latihan. Ini akan membuat otot-otot perut kamu menjadi semakin kokoh dan kuat.
~ *b. Dengan posisi tidur terlentang lurus dan kedua tangan diletakkan sejajar dengan tubuh. Letakkan beberapa benda seperti buku diatas perut sebagai beban dan tariklah nafas seperti bagian “a” diatas serta rasakan bahwa beban diatas perut terangkat keatas, juga rasakan tulang rusuk ikut mendorongnya.
Jika telah terasa penuh, keluarkan lagi seperti yang “a” tadi dan lakukan minimal 20x sehari ato tambahan kapan aja kamu punya waktu buat latihan.
Latihan ini bisa membuat otot perut menjadi kokoh serta kita pun jadi santai untuk mengucapkan kalimat. Selain itu juga dapat merubah kebiasaan bernafas yang dilakukan dengan mengangkat bahu atau membusungkan dada.
Ada juga cara buat nguatin otot perut yaitu dengan tertawa terbahak bahak , sampai terasa klo perut tergoncang goncang. Tapi klo latihan ini harus dilakukan dengan sangat hati hati, karena nanti bisa dibilang orang gila (hehehe)
Pengambilan nafas pada saat memulai lagu atau awal kalimat lagu dapat dilakukan dengan menarik nafas melalui hidung dengan santai. Namun jika pada saat bernyanyi atau ditengah lagu sebaiknya dilakukan dengan singkat atau dengan mendengkus, seperti kita nyium aroma yang harum atau aroma makanan.
Pada pernafasan yang demikian, kita hanya mengembangkan pernafasan “alami” yang kita miliki, akan tetapi jika pernafasan alami “naik turunnya sama” sedangkan penyanyian itu “ menarik nafas dengan cepat dan mengeluarkannya dengan sehemat mungkin” karena tujuan utama kita adalah menyelesaikan satu kalimat dalam satu tarikan nafas. Dengan demikian kalimat yang kita ucapkan /nyanyikan kedengaran indah dan bermutu, tidak tersendat-sendat.

Huruf Vokal dan Konsonan yang disusun menjadi sebuah Kata, dan kemudian kata disusun menjadi Kalimat. Setelah sebelumnya kita memahami tentang artikulasi, nah sekarang giliran kita pelajari tentang bagaimana “menyanyikan kalimat lagu / lirik dengan baik” supaya kalimat lagu tersebut dapat memberikan, menjelaskan tema dan menyampaikan berbagai pesan dari sebuah karya kepada pendengar / penonton pada saat bernyanyi.
BERNYANYI adalah menampilkan NYANYIAN / LAGU maka setiap pelaku harus :
1. Memahami arti setiap kalimat yang dinyanyikan.
2. Memahami tujuan/pesan/karakter dari pada nyanyian secara keseluruhan.
3. Menyadari bahwa susunan nada-nada yang ditulis untuk dinyanyikan adalah suatu kesatuan, artinya tidak terpenggal-penggal dari sudut susunan melodinya.
Ketiga unsur diatas dipadu menjadi satu, untuk dapat menampilkan : “Bagaimana membaca kalimat tanpa lagu dan Bagaimana menyanyikan kalimat lagu tanpa teks”
a. Kalimat bahasa.
Untuk menghayati isi kata-kata, perlu juga dipedomani aturan “TATA BAHASA” yang kita miliki untuk mencari :
1. Mana kelompok kata yang merupakan satu kesatuan, yaitu: -bahwa setiap pemenggalan kalimat harus mengandung arti yang sebenarnya dan disesuaikan dengan melodi dan irama.
2. Mana kata pokok/thema yang perlu penegasan/penonjolan dan diucapkan
lebih keras kemudian diberi tanda dinamika.
3. Pada bagian kata mana aksen harus dimunculkan atau ditonjolkan.
b. Kalimat musik.
Kalimat musik terdiri dari “nada-nada” yang merupakan “motif” atau “thema” yang mengungkapkan suatu ide musik, misalnya:
1. Kelompok nada: yaitu dimana ditemukan beberapa nada yang berulang dinyanyikan.
2. Puncak lagu : yang biasanya selalu terdapat pada nada tertinggi pada sebuah lagu.
3. Tekanan nada : yang didalam musik ditentukan oleh irama, dan biasanya terdapat disetiap awal birama.
c. Kalimat yang dinyanyikan.
Biasanya terdapat dua bentuk kalimat yang dinyanyikan, yaitu:
1. Nyanyian Recitative : yaitu dimana pernan kata-kata lebih menonjol dibanding dengan peranan melodi.
2. Nyanyian Melismatis: peranan melodi lebih menonjol dari pada melodi, dan terdapat satu kata yang dinyanyikan dengan serangkaian nada.
Menyanyikan kalimat lagu dengan utuh, tidaklah sesederhana “membaca kalimat” karena disamping pemahaman arti kalimat yang harus diucapkan dengan sejelas mungkin karena gangguan-gangguan lain akan timbul pada saat bernyanyi, karena adanya tanda-tanda dinamika dan lain-lain yang harus dikerjakan bersamaan dengan pemenggalan kalimat, antara lain:
- Ketidak mahiran dalam pengambilan dan penggunaan nafas selama bernyanyi.
- Adanya istilah-istilah musik yang mendukung sebuah karya pada saat diciptakan, seperti:
1. Legato, yang biasanya menimbulkan pemborosan dalam hal pernafasan
2. Deoresendo dan Oresendo, yang memaksa penyanyi untuk memperluas dan mempersempit wilayah bunyi pada saat penyanyian dilaksanakan.
3. Staccato, pemenggalan suku kata karena tuntutan melodi yang tidak dikuasai, tanpa menghilangkan keutuhan kalimat ssecaara keseluruhan.
4. Accelerando dan Rittardando, percepatan dan perlambatan tempo pada  pada satu penggalan kalimat , serta pada puncak nada tertinggi atau  terendah yang berbanding terbalik dengan pernafasan dan persiapan nafas yang masih tersisa untuk digunakan.
Dari beberapa tantangan dan hambatan yang ada, maka untuk mendapatkan “frasering” yang baik dan utuh. Keseluruhan aspek/tahapan diatas harus benar-benar dilatih lebih dahulu kemudian diterapkan “sepanjang nyanyian” sehingga tujuan “BAGAIMANA MEMBUAT KALIMAT LAGU, MEMBERI ARTI, dan MAKNA, akan tercapai dengan baik.
Jadi intinya seperti ini, sebelum menyanyikan sebuah lagu ada baiknya kita tulis dulu liriknya dan kemudian kita perhatikan dimana tempat tempat untuk mengambil nafas dan dimana huruf-huruf yang boros dengan nafas. Minimal pemenggalan kata untuk menarik nafas adalah 2 bar. Contohnya seperti ini : kamu pernah dengar kan lagunya Kerispatih ( Tapi Bukan Aku ). Lirik pertama, “Jangan lagi… kausesalai… keputusanku”. Sesimpel yang kamu dengar itu ada dua kali pemenggalan. Tapi itu salah, kamu harus menyanyikan keseluruhannya dalam satu nafas. Namun untuk pemula dapat dipenggal menjadi dua nafas” Jangan lagi….- Kausesali… Keputusanku… ” atau “Jangan lagi… Kausesali… keputusanku…” . Kemudian kita juga harus paham bahwa ada satu kalimat atau kata yang g boleh terpotong sama sekali. Coba perhatikan bagian kedua ” Khianati rasa… Demi kei..nginan semu..” Nah bagian kalimat “Demi keinginan semu” itu sama sekali tidak boleh ada penarikan nafas dan tidak boleh terpenggal karena ” keinginan” adalah satu kata. klo terpisah maka kata itu  g akan mempunyai arti.
Demikian deh buat kita pahami, makanya klo seorang penyani itu mempunyai buku lirik lagu bukan hanya karena dia g hafal, tapi karena Setiap lagu memang harus dipelajari baik-baik kalimatnya. Juga dari situ kita bisa paham dengan arti dan makna dari lagu tersebuat sehingga bisa menjiwai lagunya.

Bernyanyi adalah “berbicara” melalui syair lagu yang memiliki notasi/melodi/irama dan birama, dan didalam syairnya terkandung pesan, cerita, ikrar dll, yang harus disampaikan kepada penonton/pendengar dan harus dapat dimengerti apa tujuan dari pesan itu.
Jika kita hanya bernyanyi sendiri (solis) masih dibantu dengan mikrofon, nah tapi jika bernyanyi lebih dari satu orang, kemudian diiringi oleh musik tertentu, akan lebih sulit untuk memahami setiap kalimat/kata yang dilantunkan jika “ARTIKULASI” tidak dilatih dengan baik. Sehingga penyanyi dan penonton sama-sama tidak dapat menikmati penampilan penyanyi, karena akan berakibat pada :
- terganggunya keindahan lagu.
- pengertian syair menjadi kabur.
So,, Bagaimana Ngatasinnya???
Sebelumnya kita udah bahas mengenai Vocal dan Konsonan, dan cara-cara pengucapan sebuah kata / kalimat lagu. Suku kata atau kata, jika pada saat membaca atau berbicara, memiliki aksen aksen tertentu dan tekanan pada bagian-bagian tertentu. Maka pada saat bernyanyi, tekanan/aksen tersebut harus mengacu kepada melodi lagu
Pada saat memulai kalimat lagu, yang menjadi perhatian kita adalah “huruf” apa yang pertama diucapkan, sehingga penyanyi dapat mempersiapkan ‘ucapannya”sesuai dengan cara pengucapan masing masing huruf. Karena jika tidak demikian, ucapan itu menjadi tidak jelas, karena terburu-buru untuk mengucapkannya
Harus diperhatikan beberapa konsonan, yang jika diucapkan akan mengakibatkan pemborosan pada “nafas” misalnya konsonan [H] dan konsonan [S]. Jika kedua konsonan ini ada pada saat awal lagu, upayakan segera menutupnya dengan “vocal” yang mengikutinya. Demikian juga jika kedua konsonan ini ada ditengah kalimat lagu, akan lebih merepotkan karena tujuan kita untuk menyambung kalimat lagu menjadi terganggu.
Jika pada awal lagu dimulai dengan huruf “VOCAL”, misalnya INDONESIA RAYA dsb, Harus diupayakan agar “vocal” ini diawali dengan konsonan tertentu, misalnya dengan konsonan [M, N atau H] agar tidak terkesan meledak pada saat mengucapkannya.
Memberikan perhatian khusus pada pengucapan beberapa konsonan yang hampir sama, antara lain:
a. antara M dan N serta NG
b. antara G dan K
c. antara T dan D
d. antara B dan P, yang hanya dibedakan oleh besar kecilnya ledakan yang dicipyakan pada saat mengucapkaannya.
Menyambung kata dan suku kata, menjadi satu kesatuan yang diucapkan denga mengalir, khususnya jika terdapat dua konsonan sejajar atau berdekatan. Jangan sampai salah satunya tertinggal atau tidak terucapkan.
Bila satu kata ditutup dengan huruf nasal/sengau, maka sebaiknya konsonan sengau tersebut diucapkan secara singkat pada saat akan mengakhiri kalimat, atau sejenak menjelang awal istirahat berikutnya. Dengan kata lain, penahanan bunyi diberikan pada vocal yang mendahuluinya.
Berhati-hati lah dengan konsonan semu, yang timbul pada saat memulai kalimat atau mengakhiri kalimat yang disebabkan oleh beberapa faktor, agar dihindari dengan baik. Misalnya pada pengucapan :
a. besok menjadi mbesok
b. sebab menjadi sebabh
Konsonan R, M, N, dan NG serta beberapa konsonan lainnya yang menutup kata, sering tidak terdengar diucapkan, khususnya pada ending lagu. Jangan menutup bunyi sebelum konsonan ini terucapkan dengan benar.  Misalnya :
- dengan menjadi denga
- lahir menjadi lahi
- bersyukur menjadi bersyuku
dst
Adanya huruf dipotong atau umlaud, yaitu dua buah vocal yang berdekatan, misalnya : AU-OE UI-AI dst, seharusnya tidak dipisahkan mengucapkannya. Akan tetapi harus disambung dan ditekan/aksen diberikan pada vocal pertama, sedangkan vocal berikutnya hanya melintas saja, yang ditandai dengan pergeseran alatartikulasi pada saat mengucapkannya.
Vocal yang dinyanyikan dengan beberapa notasi yang biasa disebut “legato” harus dijaga agar keutuhan & keberadaan setiap nada tetap terdengar dengan jelas. Untuk mengatasinya dapat dilakukan dengan menambahkan konsonan “H” secara samar-samar (tidak terdengar keluar) pada setiap perpindahan nada ataun. gimana, dah jelas? ato penyampaiannya kurang mengena? coba dulu deh, ntar tanyain aja sama aku mana yang kurang jelas, insyaAlloh aku akan jawab, ok !

vokal adalah instrumen yang sangat unik, dan instrumen vokal bukan cuma pita suara kamu aja, tapi termasuk diafragma, lidah, juga resonance bodynya adalah muka.
hati2 memperlakukan vokal kamu. suara metal boleh2 aja asal kita sadar betul bahwa itu hanyalah efek. banyak penyanyi rock yang harus operasi karena timbul nodal di tenggorokannya.
nodal adalah daging yang tumbuh akibat resistance terhadap paksaan. jadi kalo lo nyanyi dipaksa terus-menerus, bisa tumbuh nodal.
jadi pemanasan itu penting, bukan biar suara lo bagus aja, tapi buat keselamatan vokal lo. karena vokal lo adalah asset yang sangat berharga pemberian Tuhan.
cara pemanasan yang simple, nyanyi aja pelan2 major scale (do re mi dst.) naik turun. atau hanya naik ke 5th (sol) turun lagi. jangan pernah paksain sampe tinggi2, nanti kalo suara udah panas, rangenya otomatis bakal nambah sendiri kok.
untuk pemanasan diafragma, nyanyi do re mi re do, dengan “HO” jadi ho ho ho ho ho dan rasakan bagaimana diafragma  lo memberi penekanan untuk power.

A. Sebelum memulai latihan :
1. Dasar [pengucapan kerongkongan] adalah memasukkan udara kedalam kerongkongan
2. Untuk itu pertama-tama latihan menelan udara sangat perlu. Tetapi karena tidak terbiasa, mekanisme menelan udara ke dalam kerongkongan pada awalnya susah, dan cukup sulit memegang rahasianya
3. Mari kita pegang rahasia mekanisme alami ‘cara minum teh, yaitu mengendurkan mulut kerongkongan yang menyempit, kemudian masukkan udara dalam mulut bersamaan dengan teh ke dalam kerongkonga. Dengan membalikkan aliran udara ini suara baru akan keluar.
4. Jika udara bisa masuk ke dalam kerongkongan dengan baik,suara dasar akan keluar dengan cukup mudah
5. [Cara minum teh] adalah cara awal termudah untuk memahirkan hal diatas
6. Bacalah dengan baik hal berikut ini, dan berlatihlah dengan mematuhi urutannya!
B. Persiapan Sebelum Latihan
1. Siapkan teh atau air dengan suhu untuk mudah dimminum dalam cangkir teh. Hati-hati jangan terlalu panas.
2. Duduklah dengan tegak dan punggung lurus di kursi yang enak dan dengan ketinggian secukupnya. Dengan punggung bersandar akan kurang berhasil.
3. Hadapkan muka lurus ke depan secara alami. Menunduk akan memberi tekanan pada tenggorokan sehingga suara akan susah keluar.
4. Bukalah lebar-lebar tangan kiri, dan dari atas baju tekanlah pelan-pelan lubang tenggorokan dengan telapak tanan kiri. Menekan keluarnya udara dari lubang tenggorokan secara tidak perlu, hal ini untuk mempermudah membalikkan aliran udara di dalam kerongkongan.
5. Pegang cangkir dengan tangan kanan, dan bawa ke posisi yang paling enak agar dengan mudah kita bisa minum teh tersebut.
6. Hilangkan tenaga pada bahu dan leher, beradalah dalam posisi santai. Persiapan sudah selesai.
C. Urutan Latihan
1. Pertama, masukkan teh ke dalam mulut dengan jumlah yang bisa diminum dengan sekali teguk.
2. Berikutnya, sedikit gelembungkan mulut, usahakan agar teh dan udara terasa seperti berbentuk bulat, dan hentikan sesaat pada bagian dalam tenggorokan.
3. Kemudian telanlah udara dan teh secara bersamaan, sekaligus dengan sekuat tenaga. Sehingga suara menelan ‘GLUK’ seolah-seoalah terdengar. Lita tidak boleh lengah dan tanggung. Jangan lupa tekan lubang tenggorokan dengan tangan kiri.
4. Waktu terasa teh melewati bagian dalam tenggorokan dan masuk ke mulut kerongkongan, sambil mengerahkan tenaga ke perut, sambil seolah memuntahkan udara yang ditelan, ucapkan ‘a’
Perhatian : Mengerahkan tenaga ke perut dinamakan ‘memberi tekanan perut’. Hal ini bukan berarti menekan perut ke bawah tetapi mengencangkan otot perut.
5. Bagaimana? Apakah bisa mengucapkan ‘a’ atau ‘ge’?
6. Meskipun suara aneh, suara seperti bunyi sendawa yang anda keluarkan, itulah suara dasar anda. Suara kedua anda sudah keluar. SELAMAT!
7. Seterusnya, ulangi latihan sampai beberapa kali. Sekali minum teh sekali melakukan pengucapan. Teruskan sampai bisa mengucapkan ‘a’ dengan mudah dan mulus.
8. Bagi yang tidak berhasil mengucapkan ‘a’ dengan cara di atas, ada dua kemungkinan sebab sebagaimana diterangkan dibawah ini. Yang mana sebabnya ada pada anda? atau Kedua-duanya juga mungkin ada pada Anda.
D. Orang yang dari Lubang Tenggorokannya Terus Menerus Keluar Udara
1. Kebiasaan bersuara dengan udara hasil pernafasan dengan paru-paru yang dilakukan sebelum menjalani operasi membekas dengan kuat. Tetapi, sadarilah bahwa setelah menjalani operasi suara yang kita keluarkan bukan berasal dari udara paru-paru.
2. Karena perasaan ingin mengeluarkan suara keras dengan jelas sangat kuat, menyebabkan kita memasukkan tenaga terlalu kuat ke tubuh atas. Santai dan lemaskan tubuh bagian atas!
3. Jangan berpikir terus-menerus untuk mengeluarkan suara! Pusatkan perhatian pada tenggorokan, laksanakan sebagaimana ingin memuntahkan teh dan udara yang sudah ditelan!
4. Pada saat mengucapkan ‘a’, kuatkan tekanan tangan kiri pada lubang tenggorokan sehingga udara tidak merembes keluar. Hal ini akan mempermudah memberi tekanan pada perut dan mempermudah membalikkan aliran udara.
5. Bagaimana? Dengan memperhatikan hal-hal ini, lakukan pengulangan beberapa kali! Sedikit lagi!
E. Orang yang Merasa Udara tidak Masuk ke dalam Keronggkongan untuk Menghasilkan Suara
1. Kalau kita minum teh bersamaan dengan udara dalam mulut dengan cepat, udara pasti masuk ke dalam kerongkongan. Karena saat membalikkan aliran udara dengan tekanan perut yang dilakukan segera setelah minum agak terlambat, maka kelihatannya udaranya menghilang.
2. Pada waktu terasa teh melewati tenggorokan, hampir bersamaan kerahkan tekanan perut dan ucapkan ‘a’ !
3. Meskipun pada waktu minum teh bibir tertutup, yang penting adalah tidak ada sela antara membuka bibir dengan mengucapkan ‘a’. Membukanya bibir yang tertutup bersamaan dengan pengucapan ‘a’. Jika ada sea di antar itu, maka udara akan terlanjur menghilang.
4. Pada awalnya, sekali minum teh sekali melakukan pengucapan ‘a’. Sambil tetap memegang cangkir berisi teh, cobalah lakukan beberapa kali secara terus-menerus!
5. Bagaimana? Dengan tetap tidak menyerah dan terus mengulangi latiham, akan menemukan rahasianya.
F. Langkah Berikut Setelah Suara Dasar Keluar dengan Cara ‘Minum Teh’
1. Letakkan cangkir, berhentilah minum teh lanjutkan langkah berikut!
2. Dengan seolah-olah minum teh dalam mulut. Lakukan mekanisme menelan yang sama persis dan coba ucapkan ‘a’! Tangan kiri tetap menekan lubang tenggorokan.
3. Jika tanpa teh kurang berhasil mengucapkan ‘a’, gunakan air ludah sebagai pengganti teh dan coba lakukan hal yang sama !
4. Jika tanpa teh bisa mengucapkan ‘a’, sedikit demi sedikit kendurkan tekanan pada lubang tenggorokan, dan akhirnya lepaskan tangan kiri sampai bisa mengucapkan ‘a’.
5. Jika dengan tangan dilepaskan susah mengucapkan ‘a’, gunakanlah penghalang yang agak tebal. Pakaian denganbagian leher sempit dan tertutup sehingga bisa menekan lubang tenggorokan cukup bermanfaat
6. Jika bisa sampai sini maka suara dasar sudahlulus. Selamat. Sambil menikmati lakukan langkah berikutnya!
7. Meskipun tidak bisa melakukannya dengan mudah, tidak perlu terburu-buru. Kalau tidak berjalan dengan lancar, kembalilah ke awal dan coba lagisecara berurutan.
8. Dengan melanjutkan pengulangan, rahasia akan dipegang. Jangan terburu-buru, namun juga jangan malas, tetap berlatih dan mempunyai harapan.
G. Langkah Pengucapan Vokal
1. Ucapkan vokal a, i, u, e, o.
2. ‘a’ keluar dari rongga mulut yang dalam keadaan paling bebas, sedangkan suara vokal lain keluar dengan menyempitkan ataumendatarkan bentuk rongga mulut.
3. Pengucapan vokal mempunyai tingkat kesulitan berbeda, yaitu dari yang paling mudah ke paling sulit dengan urutan a, o, e, u, i. Lakukan latihan dari yang paling mudah.
4. Melatih pengucapan vokal yang sama 3, 5, 7, 10 kali secara terus menerus sambil disela-sela itu memasukkan udara, adalah penting dan efektif.
5. Berikutnya cobalah memanjangkan pengucapan vokal a-, o-, e-, u-, dan i-.
6. Vokal panjang mudah diucapkan dengan mengendurkan tenaga dan mengucapkan dengan suara halus. Kemudian, lanjutkan dengan latihan vokal yang setingkat lebih panjang a———, o——–.
7. Setelah vokal panjang, berikutnya gabungan dua vokal. Ucapkan gabungan dua vokal dengan gabungan bebas, ao-, oe-, ea-, oie-, eai- dan seterusnya.
8. Untuk hal ini, jangan putuskan suara antar vokal. Lakukan getaran suara dasar secara terus menerus, dan hanya dengan mengubah bentuk mulut secara sekaligus mengucapkan gabungan vokal. Dengan ini pengucapan vokal dinyatakan lulus.
H. Dari Pengucapan Konsonan ke Pengucapan Kata
1. Konsonan diucapkan dengan memanfaatkan alat pengatur suara seperti bibir, gigi, ujung lidah, pangkal lidah, langit-langit lunak dan rongga hidung. Karena bagian-bagian ini tidak berubah dengan sebelum operasi, maka kita tidak perlu berpikiran secara sulit. Cukup gunakan sebagaimana sebelum operasi.
2. Semua suara, seperti ka, sa ta, na, ha, ma, ya, ra, wa, ga, za, da, ba, pa bisa diucapkan dengan menggunakan alat pengatur suara yang sudah sangat dikenal dan menggabungkannya dengan 5 vokal. Latihlah semua ucapan dengan mengeluarkan suara.
3. Meskipun pada kenyataannya ada perbedaan antar individu, ada bunyi yang lebih mudah dan ada yang lebih susah untuk diucaapkan, latihlah dari yang paling mudah untuk memperoleh kepercayaan diri. Setelah itu perlahan-lahan cobalah ke bunyi yang lebih susah bagi anda.
4. Hanya suara deret ha memerlukan udara dalam jumlah banyak sehingga bagi kita yang menjalani operasi pemotongan pangkal tenggorokan sangat susah,. Tetapi dengandengan usaha terus-menerus akan berhasil baik. Mari berusaha.
5. Semua kata dalam bahasa Jepang merupakan gabungan konsonan dan vokal. Kalau andabisa mengucapkan 2-5 suara kata dangan satu nafas, sudah cukup untuk mengemukakan pikiran anda. Jika anda mengucapkan beberapa kata secara terus-meneruskan menjadi percakapan. Membaca keraskpun bisa.
6. Berikutnya, dengan menguasai [cara menghisap], ditambah dengan aksen (logat) dan kemampuan melagukan secara alami, [pengucapan kerongkongan] anda selangkah lagi mendekati kesempurnaan.
I. Perhatikan Pengucapan yang Salah
1. Orng yang sedang di tengah-tengah latihan [pengucapan kerongkongan] mudah salah menggunakan cara pengucapan yang tidak benar, yaitu [pengucapan tekak] dan [bisikan rongga mulut].
2. [pengucapan tekak] adalah suara yang mirip deret ka dan ga yang dikeluarkan dengan menggunakan dagu dan tekak. [bisikan rongga mulut] adalah suara bisikan yang mirip deret sa, ta, dan pa yang dihasilkan dengan menggunakan gigi, lida, bibir.
3. Suara ini adalah suara desahan dan ledakan yang dihasilkan dengan hanya menggunakan udara dalam rongga mulut saja. Karena tidak memanfaatkan getaran celah suara baru yang menghasilkan vokal sebagai suara dasar, maka suara ini terbatas dan tidak jelas. Suara ini berbeda kualitas dengan suara dari [pengucapankerongkongan] dan dikatakan pengucpan yang salah.
4. Mereka yang sebelum bisa mengeluarkan suara dasar, dengan caranya sendiri bisa mengeluarkan yang mirip suara, kemudian orang atau keluarga yang sudah terbiasa bisa memahaminya, ada bahaya sulit keluar dari kebiasaan salah pengucapan ini.
5. Jika sudah mulai mapan dengan latihan mendapatkan suara dasar dengan [cara minum teh], kekhawatiran terhadap salah pengucapan ini tidak perlu. Tetapi karena ingin bisa dimengerti oleh keluarga, banyak kasus salah pengucapan ini terjadi.
6. Dasar [pengucapan kerongkongan] adalah menggetarkan celah suara baru dengan menggunakan udara dalam kerongkongan. Dengan meraba bagian sedikit di atas lubang tenggorokan ada atau tidaknya getaran segera diketahui. jika terjadi [salah pengucapan] maka tenggorokan tidak bergetar.
7. Yang bersangkutan dan juga keluarga harus mengetahui [pengucapan kerongkongan] dengan benar, dan berhati-hatilah agar tidak menyesal karena terlanjur menjadi [salah pengucapan].
8. [salah pengucapan] yang lain adalah suara menelan dan suara dari pernapasan dengan lubang tenggorokan. Hampir semua penyebabnya adalah ingin cepat berbicara. Suara keras yang tidak jelas akan susah didengar dan menjadi penghalang percakapan alami. Cara terbaik untuk menghalangi suara yang tidak jelas adalah berbicara dengan pelan-pelan dan segera mengusai [cara menghisap].

Lanjut lagi dari pembahasan kita sebelumnya tentang Pembentukan Suara. Kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang Resonansi. Disekolah pernah belajar kan dulu?. Resonansi adalah seuatu upaya untuk membuat suara bergema / bergaung indah, bukan hanya sekedar kuat atau keras seperti berteriak. Atau dengan kata lain, bagaimana memperluas wilayah bunyi yang ditimbulkan getaran.
Gema itu harus terdengar indah dan teratur, sehingga apa yang kita ucapkan dapat dimengerti oleh pendengar.
Kita contohkan aja dengan:
a. Garpu tala yang yang dipukulkan dan yang dipegang saja, akan lebih luas wilayah bunyinya jika setelah dipukulkan ditempelkan di atas meja yang menjadi ruang gema dari getaran garpu tala tersebut.
b. Tali gitar yang dipetik dengan bantuan tongkat kayu akan lebih besar / luas wilayah bunyinya jika dipetik diatas badan gitar sendir, karena kotak / badannya itulah yang menjadi ruang gemanya.
c. Bertepuk tangan dengan membungkukkan kedua telapak tangan, akan lebih luas wilayah bunyinya dibanding jika kedua telapak tangan itu rata atau sejajar. Karena lengkungan telapak tangan telah menjadi ruang gema.
Nah.. Didalam menggemakan suara, seluruh alat-alat artikulasi seperti tersebut diatas menjadi alat-alatresonansi, namun terpusat pada tenggorokan dan mulut / rongga mulut, yang selalu harus diperluas dan senantiasa terbuka luas sepanjang penyanyian.
Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memperluas ruang resonansi anntara lain:
a. Bersenandung mmmmm, dengan memperhatikan:
- bibir sisi luar dikatupkan ringan, tidak menjepit.
- gigi atas dan bawah tidak di rapatkan.
- lidah diletakkan rata dan ujung lidah menyentuh gigi bawah.
- rahang bawah di jatuh santai dan ringan.
- rongga mulut dan tenggorokan harus dibuka seluas mungkin seperti gaya sedang menguap.
b. dengan berfantasi, atau membayangkan “bagaimana membuat sesuatu gerak
imitasi” jika kita sedang memakan buah yang harum dan airnya banyak (wuih,, Uenak banget… ). Bayangin aja seolah2 kamu mang lagi makan itu. ( jadi mau makan yang beneran neh ).
c. meniru gaya binatang buas yang sedang mengaum menghadapi mangsanya.
Sedikit lebih rumit untuk melatihnya, karena mungkin sulit menutup mulut dan meluaskan rongga dalam mulut.
Dengan latihan yang tekun pasti dapat meningkatkan resonansi untuk mendapatkan wilayah bunyi yang lebih luas, walaupun pada saat lagu dinyanyikan lembut atau keras.

Sumber
0 komentar

TIPS DAN TRIK

Tips dan trik sebelum rekaman, mixing dan mastering 

Untuk para pemain musik, anda perlu mengetahui, kalau sebuah musik / lagu yang bisa tersampaikan dengan baik ke pendengar itu adalah hasil "kerja sama" antara Sound Engineering (SE) atau yang lebih kita kenal dengan sebuatan operator (dari tracking, editing, mixing, sampai mastering) dengan para musisi / pemain musik...
kerjasama yang baik menghasilkan hasil yang baik... Benar tidak?!?
anda ingin membuat sebuah demo??, atau bahkan sebuah album yang mempunyai kualitas yang bagus?? Silahkan membaca artikel dibawah ini... :)

Quote:1. JANGAN BERPIKIR BAHWA ADA SEBUAH KEAJAIBAN DI STUDIO
Terlepas dari sebuah teori, sering banget para musisi / pemain musik berpikir kalau seorang Sound Engineering itu seperti tukang sihir yang apa bila sudah memutar-mutar kenob rack / mixer, click mouse di sana di sini dan, "tadaaaaa"....
Jadilah sebuah lagu yang pasti enak di dengar, bersih, jelas artikulasi di setiap instrument, dan pasti terdengar seperti yang kita bayangkan...
hhaa... dan itu semua tidak benar. jangan sekali-kali berpikir seperti itu.
Walau pun anda recording / rekaman di studio-studio besar, bahkan studio yang ada di luar negeri yang mempunyai alat-alat yang sangat-sangat-sangat-sangat mahal, mempunyai speaker monitor yang benar-benar flat, original software seharga puluhan juta, mixer yang mempunyai ratusan channel (emang ada yah??) dengan brand terkenal, bertumpuk-tumpuk rack yang satu rack nya bisa berisi puluhan hardware analog maupun digital (kira-kira tingginya bisa sampai 12 meter ) microphone dengan bentuk yang aneh dan mungkin hanya beberapa studio yang mampu membelinya

tapi bro...
TIDAK ADA YANG NAMANYA ALAT AJAIB PEMBAGUS SUARA
nah, untuk itu, sebaiknya anda melakukan persiapan sebelum melakukan proses rekaman / tracking / recording / take / istilah yang lain yang mungkin saya tidak tahu
Contoh:
Anda mempunyai gitar yang anda sayangi, walaupun anda mengetahui gitar yang ada di studio yang anda sewa jauh lebih bagus, anda tetap bersikeras untuk membawa gitar kesayangan anda. nah sebelum membawa gitar kesayangan anda ke sutio rekaman, alangkah baiknya apabila anda mengganti senar gitar anda, lihat fret-fret gitar anda, apakah masih bagus atau tidak, apabila gitar yang anda punya adalah sebuah gitar active, silahkan lebih dahulu mengganti baterai yang ada di dalam gitar anda.
Apabila anda seorang drummer, tidak mempunyai kit drum sendiri dan hanya bergantung pada drum yang ada di studio rekaman yang anda sewa, alngkah lebih baiknya memilih studio yang sudah mempunyai sample untuk bisa kita dengarkan, apabila sample tersebut suara drumnya seperti yang anda inginkan, silahkan untuk survei lebih dahulu ke studio yang ingin anda sewa. lihat kit-kit yang mereka pakai, lalu apabila setting-an nya tidak seperti yang anda inginkan, bertanyalah pada Sound Engineering nya apakah boleh merubah / menyeting drum nya seperti yang anda ingin kan, oleh sebab itu, sebaiknya anda membawa kunci drum sendiri (paling tidak ada sedikit modal)
Untuk Vocalist, sebelum rekaman alangkah baiknya menjaga kesehatannya, jangan sampai terkena flu yang akhirnya menderita suara bindeng, kemungkinan besar apabila anda bindeng, suara anda dengan musik tidak akan menyatu atau suara anda tidak mengikuti tune musik atau bahasa kasarnya adalah FALS :p . walau pun saat ini banyak software yang berguna untuk meng-tune kan suara vokal anda, namun lebih natural lebih bagus. Lalu beberapa jam sebelum rekaman / tracking vocal, silahkan melakukan relaksasi atau pemansan agar pita suara anda tidak kaget saat nanti anda rekaman. apabila anda baru tersadar beberapa hari sebelum take vocal suara anda serak dan ingin habis, coba untuk mengunyah kencur (mentah-mentah) walau rasanya agak kurang meng-enakan, namun kecur sudah teruji khasiatnya, kunyah lalu telan air dari kunyahan kencur tersebut. lalu ampasanya di buang saja (tapi apa bila anda suka silahkan untuk menelannya... hhe..)
Dan masih banyak yang harus anda lakukan untuk melakukan persiapan sebelum rekaman
Jangan sekali-sekali terpikirkan di benak anda "ah, nanti pada saat proses mixing kan bisa di benerin"
Atau apabila Sound Enginnering / Operatornya berbicara seperti itu, maka sudah pasti ia adalah seorang Sound Engineering amatiran 
Band yang bagus, hasil rekamannya bisa di buat jelek oleh seorang Sound Engineering amatiran
Band yang jelek, hasil rekamannya bisa dibuat SEDIKIT lebih bagus oleh Sound Engineering yang bagus..

Quote:2. BERKOMUNIKASILAH DENGAN SOUND ENGINEERING.
Komunikasi antara Sound Engineering dengan pemain musik yang ingin rekaman sangat penting sekali untuk mendapatkan sound yang di inginkan...
Sound Engineering perlu mengetahui informasi dari kita, sound seperti apa yang musisi inginkan..
Kalau Sound Engineering nya tidak inisiatif untuk bertanya, musisi yang harus membuka dan memulai komunikasi lebih dahulu.
Jangan berpikir untuk takut sama Sound Engineering. Tidak gigit kok... guk guk
Anda kan membayar, dan juga seorang Sound Engineering juga tidak haus akan materi kok, saya yakin, mereka juga ingin membuat lagu kita bagus kok, kan juga membawa nama studio yang anda sewa 

Quote:3. PENDEKATAN DENGAN SOUND ENGINEERING / OPERATOR
Nah cara yang paling bagus dan mujarab untuk membuat Sound Enginerring semakin semangat dan bekerja keras adalah membuat dia seolah-olah menjadi salah satu personil dari band anda
Caranya??
Apabila anda membawa makanan atau minuman, coba untuk menawarkan atau sisihkan di meja Operator nya. dan apabila Sound Engineering / Operatornya merokok, tanya rokoknya apa, lalu beliin deh sebungkus, pasti berhasil. dan sound Sound Engineering / Operatornya pasti akan berpikir seperti ini "karya anda adalah karya saya juga"
Dengan demikian, sang SE akan lebih merasa bahwa dia sedang mengerjakan karya bersama bukan karya orang lain. (pasti nanti Sound Engineering / Operatornya pura-pura untuk menolak, biasa....gengsi.... beda sama sama saya... kalau saya, apabila ditawarkan langsung saya ambil itu semua makanan yang di tawarkan...  )

Quote:4. JANGAN PERNAH BILANG SAMA SE NYA KITA INGIN SUARANYA KAYA BAND "X atau Y atau huruf alfabet lainnya".wah kata-kata tersebut sering sekali saya dengar
Sebuah album yang telah rilis kepasaran itu melalui proses minimal 3 tahap yaitu proses tracking, proses mixing, dan proses mastering,jadi jangan pernah membanding-bandingkan hasil tracking atau mixingan dengan album orang lain yang sudah di mastering
 Jadi jangan sekali2:
-Mas..mas..mas..saya ingin gitarnya seperti suara gitarnya paul gilbert.
-Bang..bang..bang..saya ingin drumnya seperti suara drumnya slipknot
-Om..om..om..saya ingin suara vocal saya seperti suara vocalnya gita gutawa
Iya Kalau Sound Engineering tersebut mengetahui band / artist "X atau Y atau huruf alfabet lainnya" yang telah kita sebutkan.
lebih baik minta nya seberti ini:
-Mas, saya suka suara gitar van halen karena saya pikir sound nya akan cocok untuk lagu ini karena deep nya dapet tapi tidak menghilangkan high nya,
Jadikanlah seorang Sound Engineering / Operator sebagai teman berdiskusi tentang sound...
Pasti Sound Engineering / Operator akan lebih bisa menterjemahkan bahasa kita ke dalam hasil mixinganya.. kalau musisi masih meminta "saya ingin soundnya seperti band X" berarti sama saja musisi tersebut tidak mengetahui cara kerja Sound Engineering / Operator, karena Sound Engineering / Operator hanya mengcapture sound yang musisi hasilkan dan menempatkannya ke dalam album / lagu...

Quote:5. ARANSEMENT YANG BAGUS ADALAH HAL YANG PALING UTAMA
Yup, musik yang bagus itu bukan dari hasil proses tracking nya, proses mixing nya atau proses mastering nya.
ARANSEMENT adalah bahan bakar utama yang akan menentukan kualitas dari sebuah lagu hasil tracking, mixing dan mastering.
Percuma saja untuk memaksa Sound Engineering / Operator untuk kerja rodi selama 3 hari full pagi siang malam tanpa tidur... kalau memang aransement tidak bagus... lalu mau di bagaimanakan lagi??... tidak akan mampu komunikasi dengan pendengar... 
Ada yang mau nambahin ?

Sumber
Bonardaflin
http://www.distorsi.net
0 komentar

VST GRATIS YANG BAGUS


Seperti yang kita tahu, saat ini banyak sekali bertebaran software atau plugins VST yang dapat di unduh atau didownload dengan gratis. Namun saking banyaknya, akan membuat kita bingung memilih mana yang benar-benar dibutuhkan dan tentunya terbaik. Plugins-plugins yang disusun disini merupakan plugins VST gratis bagus dan langsung bisa anda download dari link yang telah tertera

MAGNUS JONSSON AMBIENCE
Sudah sangat lama plugins ini menjadi pulgin reverb yang direkomendasikan oleh banyak sound engineer professional diseluruh dunia. Ambience nya memiliki kulitas yang sangat bangus namun tetap dapat didownload gratis menjadikan plugins ini menjadi salah satu plugins Reverb yang masih banyak dipakai oleh banyak sound engineer.
Di plugins Magnus Jonsson Ambience anda akan menemukan banyak sekalai preset, kontrol yang baik dan fitur-fitur lainnya yang dapat berguna untuk keperluan me-mixing.
Magnus Jonsson Ambience dapat didownload dengan gratis di
http://magnus.smartelectronix.com/#Ambience

ULTIMATESOUNDBANK UVI WORKSTATION
Diplugins ini anda dapat melihat berbagai fitur yang sangat bagus, dengan banyaknya preset dan fitur-fitur yang sangat berguna, membuat plugins gratis ini sangat direkomendasikan. UVI Workstation adalah player yang ditujukan untuk UltimateSoundBank’s sound libraries. Namun kenyataannya, UVI Workstation dapat digunakan dengan baik menggunakan sample WAV, REX dan Apple Loops. Yang berarti, plugins ini sangat layak digunakan bahkan apabila anda tidak berencana membeli UltimateSoundBank’s sound libraries yang berbayar.
UltimateSoundBank UVI Workstation dapat didownload dengan gratis di
http://www.uvisoundsource.com/uvi-workstation/article_info.php/articles_id/8

ICHIRO TODA SYNTH1
Interface-nya tidak memberikan banyak petunjuk, tapi Synth1 sebenarnya didasari pada hardware dari Clavia’s Nord Lead 2, dan tetap menjadi salah satu VSTi synthsizer terbaik. Ada sedikit penjelasan sedikit dalam berbahasa inggris
"There are two oscillators, the first of which has an FM knob, and these can be ring modulated and hard-synced. Other features include unison detune (great for supersaw-style sounds), an arpeggiator and effects. Oh, and despite its juicy sound, Synth1 is impressively light on CPU usage."
UltimateSoundBank UVI Workstation dapat didownload dengan gratis di
http://www.geocities.jp/daichi1969/softsynth/#about


ILLFORMED GLITCH

Glitch has evolved over the years into an all-singing, all-dancing sequencer-based glitch effect with the potential to turn your tracks into unrecognisable shells of their former selves with its nine built-in effects and filter section. Audio is broken down into slices, and then different effects can be applied to each slice.
Glitch is known to have been favoured by breakcore fiend Shitmat, so it’s definitely worth checking out.
Illformed Glitch dapat didownload dengan gratis di
http://illformed.org/plugins/glitch/

GREEN OAK CRYSTAL

Plugins ini memiliki kelebihan memasukan FM, granular synthesis, sample playback dan even SoundFonts.. Dan juga fungsi wave sequencing nya, fitur tersebut ungggul untuk memproduksi suara yang kompleks dan bertekstur..

Mungkin banyak sekali plugins gratis VSTi synthsizer, namun apabila di adu, mungkin tidak ada yang bisa mengalahkan Green Oak Crystal.

Green Oak Crystal dapat didownload dengan gratis di
http://www.greenoak.com/crystal/download.html

TOGU AUDIO LINE TAL-NOISEMAKER
A 3-oscillator instrument, NoiseMaker comes with a new synth engine, more filter types, a ring modulator, an improved amp ADSR and effects. In short, it’s the best synth that Togu Audio Line has produced yet, and consequently, it’s arguably the best free synth there is.

Togu Audio Line TAL-NoiseMaker dapat didownload dengan gratis di
http://kunz.corrupt.ch/?Products:VST_TAL-NoiseMaker


SUMBER

http://www.distorsi.us/


0 komentar

DASAR DASAR MIXING


Mixing pada proses produksi musik adalah proses pengolahan sinyal audio secara internal dan digital yang dilakukan untuk membuat sinyal keluaran menjadi padu dan indah, seperti memadukan beberapa rekaman suara seperti gitar, bass, drum, synth bank, dll.
internal karena dilakukan di dalam komputer/software, digital karena mixing dilakukan secara internal, bila dilakukan secara external berarti analog. mixing external biasanya adalah preliminary mixing, yang dilakukan sesaat sebelum atau pada saat rekaman berlangsung menggunakan mixer analog.
mixing pada umumnya dilakukan setelah proses rekaman berlangsung, hasil akhir yang diinginkan adalah keluaran suara yang “pro”. biasanya hal ini sulit didapat dari alat rekaman dan mixer kita, kantong-kantong mahasiswa. tetapi yang penting adalah bagaimana caranya agar dengan modal yang kecil kita dapat membuat sesuatu hasil rekaman yang mendekati pro.
untuk mendapatkan hasil yang mendekati pro atau paling tidak amatir mari kita simak pengalaman-pengalaman pribadi saya dan bantuan om rudidolphin dalam mixing saya sebagai pemula.

1. Monitoring level
sebisa mungkin mixing lah dengan menggunakan headphone yang baik, untuk ini saya menggunakan merek sennheiser PX100 yang kualitasnya sangat baik dalam keseimbangan dan respon frekuensi yang lebar serta rata (flat), walau aplikasinya untuk mobile devices tapi baik juga digunakan mixing











monitoring level artinya level volume pada saat kita mixing. Kalau kita mixing dengan volume yang terlalu pelan, maka kemungkinan besar hasil mixing anda akan kebanyakan bass. Ada hubungan nya dengan teori kurva fletcher / munson yang singkatnya mengatakan bahwa telinga manusia pada saat volume rendah tak seberapa sensitif pada low & high frequency
disini terlihat bahwa telinga manusia memiliki kelemahan. menurut kurva diatas, jika kita mencari frekuensi rendah, misalnya 30 Hz, kita tidak akan menemukannya pada level volume (sound pressure level) rendah. kita hanya akan mendengar frekuensi tersebut jika kita memperbesar level volume sampai diatas 60dB. tetapi sangat tidak disarankan untuk menaikkan level volume sampai diatas 100dB karena akan merusak telinga anda. kira2 70-85dB lah, cara mengukurnya juga dengan SPL meter yang ditempatkan di output speaker. kalau mau patokan mudahnya, kita masih bisa mendengar teman kita berbicara dalam radius 1 meter.

2.Exciter (keluaran mendem? beli aja alat ini)
alat ini berguna untuk meng-create frekuensi tinggi, bedakan dengan equalizer. equalizer bekerja dengan prinsip mem-boost frekuensi yang kita inginkan. dengan exciter kita akan mendapatkan sound yang tidak mendem dengan citarasa sempurna

3.Kompresor
ini alat yang paling penting dalam dunia recording! berarti mengkompres sinyal audio agar rata dan halus, “level different” lebih kecil, juga agar level volume tidak “beradu” keras dengan instrumen lain misal gitar dengan vokal “berhimpit”. tetapi jangan terlalu banyak menggunakan kompresor sehingga suara akan terdengar berada dalam “tekanan”. saya terbiasa menggunakan kompresor ringan pada musik2 lembut/sedikit instrumen atau bahkan tanpa kompresor untk membiarkan suara seperti tanpa tekanan. saya cenderung menambah kompresi jika terlalu banyak instrumen, atau memakai gitar berdistorsi, supaya tidak saling beradu, kira2 kompresi standar -5.0dB dengan release 250ms. pemakaian kompresor yang benar akan membuat suara jadi lebih natural

4. Gunakan EQ seperlu nya.
suatu proses rekaman yang sempurna akan memudahkan pekerjaan selanjutnya yaitu mixing. penggunaan equalizer BISA dinihilkan jika grafik respon frekuensi tergolong sempurna (sesuai dengan yang kita inginkan) namun hal ini jarang terjadi. biasanya kita masih tetap membutuhkan EQ untuk mem-boost frekuensi yang kita rasa kurang. tapi ada satu hal penting yang harus kita perhatikan disini, jangan pernah mem-boost EQ lebih dari 6dB. keaslian suara akan hilang dan biasanya tidak akan imbang dan tidak enak didengar.

5.pakai perangkat tambahan jika diperlukan
seperti reverb untuk mempercantik suara, gunakan pada kadar yang tipis pada umumnya. surround dan imager untuk penataan lebar sempitnya suara dan letak virtual sumber suara
nah itu sedikit sumbangan pemikiran dari saya semoga niat kita belajar dan berbagi semakin kuat, jika ada tambahan akan saya post lagi.
selamat mixing!!!

Sumber : hidup didalam anugrah ilmu yang lurus

Penulis
HANIF NUGRAHA

0 komentar

RECORDING UNTUK PEMULA


PERSIAPAN SOFTWARE
Software-software yang dibutuhkan untuk membuat sebuah lagu ialah Nuendo, Cubase, Fruity Loops, Pro Tools, Sonar, Sony Soundforge, Wavelab, dan masih banyak software-software audio lainnya.

NUENDO
Ialah software yang memiliki banyak plugin audio, tetapi software ini lebih baik dalam pengambilan/take audio dari drum, bass, gitar, keyboard, vocal, dan instrument lainnya. Selain untuk merekam suara, software ini juga berfungsi lebih cenderung untuk pengeditan audio, seperti mixing. Software Nuendo ini juga sebenarnya sudah sangat lengkap hanya saja cukup sulit apalagi untuk pemula jika ingin membuat drum midi dan mastering. Jadi untuk membuat drum midi dan mastering lebih baik beda software. Dan kelebihan Nuendo ialah support dengan berbagai macam soundcard.

CUBASE
Tidak jauh dengan Nuendo, semua fiturnya sama, hanya saja ada sedikit yang berbeda pada plugin Cubase dengan Nuendo. Lebih cenderung ke file-file audio, karena dalam format video Cubase saat ini kurang focus. Cubase juga support dengan macam soundcard.

PRO TOOLS
Suatu software yang berbeda dengan Nuendo dan Cubase, Pro Tools membutuhkan soundcard yang khusus, yaitu DigiDesign yang harganya berkisar dari 3 juta-25 juta rupiah lebih. Kelebihan Pro Tools lebih banyak daripada Nuendo dan Cubase, Error atau masalah pada saat take jarang terjadi, Pro Tools juga tidak terlalu membebani kerja prosessor dan memori computer. File audio Nuendo dan Cubase bisa dibuka di Pro Tools tetapi file Pro Tools tidak bisa dibuka di Nuendo dan Cubase. Kualitas suara sebenarnya sama saja dengan Nuendo dan Cubase tergantung dengan soundcard yang digunakan dan operator yang handal dalam segala hal dari pengambilan suara awal atau pengaturan mixer, mixing sampai mastering.


FRUITY LOOPS
Software yang lebih focus terhadap suara-suara midi. Dengan software ini anda dapat membuat drum midi dengan mudah dan bisa memilih berbagai macam suara drum sesuai selera anda. Misal suara snare drum, di Fruity Loops suara snare drum sangat banyak tergantung jenis aliran apa dan tergantung selera anda. Software ini juga bisa take audio tetapi sangat sulit dalam proses mixingnya. Biasanya Fruity Loops kalau bukan pemanfaatan drum midinya software ini juga untuk metronome, karena metronome yang ada di fruity loops lebih stabil dibandingkan software lainnya seperti Nuendo, Cubase, Pro Tools, dll.


WAVELAB
Software yang sangat penting dalam proses mastering, audio yang suaranya masih rendah dimastering dengan plugin-plugin yang ada di wave akan menjadi besar. Tetapi dasar plugin atau standar plugin yang harus digunakan untuk mastering di wavelab belum ada di wavelab sendiri. Jadi anda harus mendownloadnya, plugin yang digunakan untuk mastering ialah PSP VINTAGE METER untuk kalibrasi dan monitoring audio dan plugin TLS ONE untuk menaikkan suara atau gain.



PROSES AWAL, PROSES TAKE AUDIO

LANGKAH-LANGKAH TAKE AUDIO

1./ Gunakan software Nuendo, Cubase, Pro Tools, atau yang lainnya. Tapi kita coba pakai Nuendo dulu saja. Karena softwarenya mudah didapat dan support dengan macam-macam soundcard.

2./ Settinglah dalam hal ini anda sedang take gitar, setinglah volume gitar anda. Anda harus banyak melakukan eksperimen atau percobaan, berapa yang baiknya untuk menyetel suara volume pada gitar anda, karena beda gitar beda suara yang disebabkan beda pick up atau biasa disebut spull.

3./ Anda mau menggunakan software atau effect gitar asli, jika menggunakan software contohnya software Guitar Rig maka ada baiknya anda beli hardware Guitar Rignya juga, karena kalau hanya pakai softwarenya saja dijamin pasti suaranya pecah pada saat mastering. Kalau menggunakan effect eksternal, Carilah effect yang bagus yang noisenya sedikit dan suaranya bulat, sesuaikan volume effect anda, dalam hal ini anda juga harus banyak percobaan dalam mengatur volume pada effect anda, dan ingat preamp pada computer atau audio di computer jangan pernah diubah-ubah, biarkan settingannya pada 0 db agar tidak terjadi noise atau peak.

4./ Ada banyak cara atau biasa disebut skema dalam proses pengambilan suara. Ada yang dari gitar lalu dihubungkan ke effect gitar lalu dihubungkan ke line in computer langsung. Ada juga dari gitar dihubungkan ke effect gitar lalu dihubungkan ke sound yang besar lalu taruh di depannya mic, baik di depan sound, di samping sound, agak jauh dari sound, atau dibelakang sound dan dari mic itu baru dihubungkan ke line in computer langsung. Dalam hal ini tergantung pilihan anda dan kreatif anda serta percobaan anda dalam mencari kualitas sound atau rekaman yang baik, baik mixing sampai mastering.



PROSES EDITING DAN MIXING
1./ Satu persatu anda dengarkan audio mana yang hasil takenya kurang bagus atau ada yang fals, bila nada fals anda bisa menggunakan pitch shift untuk memperbaiki nadanya. Jika sound gitar anda rasa kurang dapat seperti yang anda inginkan, anda bisa mengedit dengan equalizer yangt telah disediakan software atau anda gunakan plugin tambahan pada sound gitar.

2./ Jika anda kesulitan untuk take drum, mungkin karena kemahalan membeli sebuah drum yang bagus dan soundcard khusus drum yang harganya memang cukup mahal, anda bisa memanfaatkan software Fruity Loops. Setelah anda membuat take drum pada Fruity Loops, anda bisa memindahkannya ke Nuendo bersama take gitar yang telah anda buat.

3./ Banyak sekali kesalahan-kesalahan take dapat anda edit di Nuendo (dalam hal ini), Dari mencopy file, memotong audio yang tidak perlu, membuat fade out/suara yang semakin lama semakin menuju rendah, atau fade in/suara yang menuju keras. Mengedit suara kiri suara kanan atau left and right yang akan membuat audio lebih terasa nuansa stereonya. Cukup anda coba-coba dan anda ingat masing-masing fitur yang telah disediakan software.

4./ Mixing, penyelarasan suara, proses mixing ini sangat penting karena lagu enak didengar atau tidaknya sebagian besar dari mixingan anda. Jangan suara vocal menutupi suara gitar dan drum atau juga sebaliknya suara vocal tidak terdengar jelas karena tertutup distorsi gitar yang tinggi atau gain drum yang tinggi. Yang paling sulit itu mixing drum antara snare drum, kick, hit-hat, cymbal. Dalam hal ini anda harus lebih-lebih sering melakukan pengamatan dan ujicoba, jangan lupa dengarkan lagu-lagu yang sudah jadi sebagai bahan referensi anda dalam mixing sebuah lagu, gunakan telinga anda sebaik-baiknya.



PROSES MASTERING
Jika lagu yang anda mixing sudah sesuai menurut telinga anda, tetapi masih kurang besar gainnya, maka gunakanlah software wavelab (dalam hal ini) atau yang lainnya. Aturlah gain yang ada pada wavelab dan gunakanlah plugin-plugin yang bersifat memfilterisasi audio dan jangan lupa juga pasanglah monitoring audio untuk mencegah suara peak atau lebih dari 0 db. Bila anda rasa sudah cukup dengan hasil mastering, maka batch proseslah dan save/simpan dalam format wav. Dan lagu anda kini telah siap untuk dikonsumsi sendiri atau dijual.


Selamat Mencoba, bila ada pertanyaan kirimkan saja ke e-mail saya di :

Penulis
wahyu.kodar@yahoo.co.id

0 komentar

SPEED GEAR VER 7.1


Internet saat ini bisa dikatakan kebutuhan pokok bagi masyarakat terutama kalangan pelajar, karena dengan internet kita semua bisa mengetahui dunia luar, kita juga bisa banyak belajar melalui internet, bahkan ada sebuah wacana yang mengeluarkan pertanyaan “Apakah Internet akan mengalahkan peran seorang guru dalam pendidikan ?” kalau kita cermati, memang dalam dunia internet semuanya serba ada, mulai dari pelajaran anak dibawah umur sampai buat seorang mahasiswa. 

Akan tetapi masalahnya bagaimana apabila anda sedang internet-an tetapi sangat lambat atau bisa dikatakan dengan koneksi siput hehehe, bagaimana perasaan anda ?, rasanya ingin banting aja komputer tuh .. hahahaha (jangan donk ..!!).

Tenang Gan .. neh Java Creativity lagi-lagi menerbitkan artikel yang dapat mengatasi masalah itu, baik kan .. ^_^ software apa yang dapat mengatasi masalah lambatnya koneksi internet ?, jawabnya adalah Speed Gear, kegunaan software ini yaitu untuk meningkatkan kecepatan browsing dan download secara bersamaan, jadi anda tidak akan mengenal lagi yang namanya koneksi siput^_^. Dengan menggunakan trik ini saya jamin kecepatan browsing anda tidak akan berkurang meskipun anda lagi download.

Berikut ini fitur-fitur yang diberikan oleh Speed Gear : 
Semua akan berubah kecepatannya setelah anda mengatur rating kecepatan pada Speed Gear.
Support dengan windows 9x, ME, NT, 2000, XP, Vista dan 7.
Menggunakan teknologi “duo-speeder-engine”, “time-redemption” dan “linearity-accelerate”.

Ukuran program ini sangat kecil, saya sudah pernah coba sendiri software ini dan hasilnya sangat luar biasa, sekarang saatnya anda yang mencoba Gan !

Perhatikan cara menggunakan Speed Gear dibawah ini : 
Extract terlebih dahulu software Speed Gear, kemudian install seperti biasa.
Kemudian jalankan software tersebut, klik dan drag lingkaran pada Set Speed sehingga berada pada bagian Fast, untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut ini !
Beres dah …^_^, dengan begitu maka otomatis browsing anda menjadi lebih cepat dan stabil mesikupun anda lagi mendownload. Mudah kan ,, langsung saja praktekkan Gan.

Silahkan Download  Speed Gear Disini
http://www.mediafire.com/?dccrcihkmhh4kh2

Password : www.javacreativity.com

Penulis : Hilmi Masruri 

0 komentar

IDM VERSI 6 TERBARU


Saya yakin, anda semua pasti sudah tahu dengan software downloader paling mantap yang satu ini dan tentunya aplikasi inilah yang biasanya menjadi senjata utama untuk mendownload berbagai file di internet. Yap…!!! Internet Download Manager atau yang biasa disebut dengan IDM lagi-lagi mengeluarkan versi terbarunya, yaitu versi 6.06 (saat artikel ini ditulis). Aplikasi IDM ini didesain khusus untuk meningkatkan kecepatan download. IDM ini juga dapat berjalan pada Windows XP, Vista dan 7. IDM dapat anda manfaatkan untuk melakukan download dari You Tube, Google Video, MySpace TV, dan juga dapat melakukan integrasi dengan Firefox dan Internet Explorer, Opera, Chrome dan berbagai browser lainnya.
Lalu, apanya yang baru di versi ini??
Beberapa fitur terbaru yang ditambahkan sesuai dengan berbagai masukan dan harapan dari komunitas para pengguna IDM telah ditambahkan, seperti:
Pemrosesan nama situs dalam bahasa asing
Support untuk karakter unicode untuk nama file dan deskripsi download
IDM Internet Download Manager New Icon
Koreksi untuk berbagai server bugs
Dan Puluhan fitur dahsyat lainnya yang tidak bisa saya sebutkan satu-persatu

IDM - Internet Download Manager versi terbaru ini diklaim mampu meningkatkan kecepatan download hingga 5X lipat ^_^. Error recoverynya juga dapat membantu Anda untuk melanjutkan download yang rusak atau terputus karena koneksi bermasalah, listrik padam, atau sebab lainnya.

Selain itu, versi terbaru ini pun menampilkan panel yang dapat digunakan untuk mendownlaod video-video flash secara langsung dari berbagai situs seperti MySpaceTV dan Google Video. Fitur lengkap ini juga mendukung Vista, grabber, fitur scheduler versi baru, support untuk protokol MMS dan juga integrasi dengan browser yang lebih baik.

Dalam versi terbaru ini juga telah mendukung beberapa Server Proxy, FTP dan Http Protocols, Firewalls, Redirects, Cookies, Authorization, MP3 Audio dan MPEG Video Content Processing. Jadi, bagi anda yang masih menggunakan IDM versi lama, sekarang juga Upgrade ke versi terbaru ini. Tunggu apalagi Gan ^_^

Cara Menggunakan :
Silahkan download IDM pada link yang sudah tersedia di bawah
Extrack dengan password yang sudah tersedia kemudian Install IDM seperti biasa
Jika proses installasi telah selesai, jangan dijalankan dulu IDM-nya.
Terlebih dahulu, silahkan Copy file Patch dan letakkan di C: > Program Files > Internet Download Manager. Kemudian jalankan file tersebut lalu klik tombol Patch dan tunggu hingga terdapat pesanDone.
Atau Jalankan keygennya yang bernama “SnDk&p”. Kemudian klik tombol Patch Server Check dan buka file IDMan.exe yang terdapat pada lokasi intallasinya yaitu C: > Program Files > Internet Download Manager > IDMan.Exe
Beress….!! Sekarang silahkan jalankan IDMnya seperti biasa dan Selamat Mendownload.
Password : www.javacreativity.com
Penulis : d!k

0 komentar

FULL SPEED INTERNET


Beberapa waktu yang lalu saya telah Share sebuah aplikasi untuk mempercepat koneksi internet yang anda gunakan yaitu Internet Cell Bost Lite, namun jika anda masih merasa kurang cepat menggunakan aplikasi tersebut maka akan saya beri lagi sebauh software yang tentunya lebih mantap yaitu Full Speed Versi 3.3. Full Speed termasuk aplikasi Shareware, namun anda tidak perlu khawatir karena saya akan memberikannya secara gratis plus Cracknya ^_^

Mungkin anda bertanya, Bagaimana Full Speed mempercepat koneksi internet? Secara konsep “Full Speed” akan melakukan konfigurasi ulang pada sistem windows yang kita gunakan sehingga koneksi internet yang ada bisa lebih optimal dan memaksimalkan transfer data baik dalam sebuah jaringan ataupun transfer data internet, karena kemampuan transfer data di internet semakin lama semakin bertambah cepat. Tapi karena keterbatasan Windows yang sudah lama kita gunakan, maka kecepatan data yang meningkat tersebut tidak dapat diterima secara maksimal oleh Windows. Disinilah fungsi dari software Full Speed ini, yang akan memperbaiki konfigurasi pada Windows dengan mudah, tanpa harus kita mengubah registry atau konfigurasi lainnya yang cukup rumit, serahkan saja pada Full Speed untuk menyelesaikannya. Oh ya, software ini walaupun untuk Windows, tapi bukan berarti hanya berfungsi untuk IE (Internet Explorer) saja, tapi juga bisa memaksimalkan Mozilla Firefox.

Cara Penggunaan aplikasi ini cukup mudah, setelah kita download silahkan Extrak kemudian install hingga selesai. Setelah itu silahkan anda Copy file FullSpeed yang ada pada folder Crack dan Paste di lokasi install (defaultnya adalah C > Program Files > Full Speed) dan jika sudah jalankan aplikasi ini melalui shorcutnya yang ada di desktop. Hal pertama yang kita lakukan adalah melakukan pengujian kecepatan pada koneksi internet yang sedang kita pakai.
Pertama, Pada panel Full Speed akan ada 2 pilihan, untuk pengguna IE dan Firefox dan pilih sesuai dengan browser yang anda gunakan.


Klik tombol Web Speed Test, dan tunggu beberapa saat hingga Full Speed selesai melakukan pengujian koneksi dan menampilkan hasil pengujian berupa waktu yang dibutuhkan dalam membuka satu halaman web (ingat-ingat waktu yang dibutuhkan, karena nanti akan kita bandingkan dengan setelah proses optimalisasi selesai dilakukan). Selanjutnya, pilih OK dan OK lagi untuk kembali masuk ke panel Full Speed dan melakukan proses optimalisasi koneksi internet.

Sekarang akan aktif 3 tombol baru yaitu Apply Full Speed Boost, Original Windows Setting dan Pro Boost. Untuk meningkatkan performa windows dan browser yang kita pakai, silakan klik Apply Full Speed Boost dan jangan lupa jika kita menggunakan koneksi dial up, maka centang juga pilihan I only have a standard Dial-Up modem. Jika menggunakan koneksi broadband, maka kita bisa memilih Pro Boost. Sedangkan untuk mengembalikan parameter seperti standar windows, silakan pilih Original Windows Setting. Setelah kita pilih Apply Full Speed Boost, tunggu beberapa saat.

Di sini kita bisa melakukan pengujian kecepatan kembali dengan memilih Show My Speed Improvements Now!, kemudian kita pilih kembali sesuai browser yang kita pakai, dan lihat hasil pengujiannya, bandingkan waktu yang dibutuhkan untuk membuka halaman web atau anda juga bisa langsung mengklik tombol Restart PC Right Now agar program bisa bekerja secara optimal.

Nggak usah mikir lagi deh Gan…langsung Download saja program ini dan jangan lupa komennya yak ^_^

Silahkan Download Full Speed Disini
http://www.indowebster.com/downloads/jajccg/64p4g4d4z3z5h474j5m5g5

Password : www.javacreativity.com
Penulis : d!k
0 komentar

SNAGIT 10 FULL VERSION


Apakah anda ingin memotret tampilan layar monitor?? Ehhhmmm…caranya sangat mudah sekali, cukup tekan tombol PrintScreen yang ada pada keyboard dan Paste di aplikasi yang anda inginkan, maka hasilnya pun akan segera ditampilkan. Namun tahukah anda jika menggunakan cara kuno tersebut hasil capture-nya sangat jelek dan susah untuk dimodifikasi. Ada banyak sekali software Screen Capture (pemotret layar) yang bisa digunakan baik yang bersifat Free ataupun berbayar.

Kali ini akan saya perkenalkan software yang terbaik untuk kebutuhan Screen Capture, nama softwarenya adalah SnagIt. Saat artikel ini ditulis, SnagIt telah sampai pada versinya yang ke 10 dan bagi anda yang masih menggunakan SnagIt versi 9 maka sangat disarankan untuk segera update karena di versi yang ke 10 ini telah buuannnyak sekali terdapat berbagai fitur-fitur yang lebih menarik dan mantap.

SnagIt 10 sangat mudah digunakan untuk meng-capture gambar yang ada di desktop . Bahkan, website yang bentuk¬nya memanjang pun bisa di-capture dengan mudahnya. Program secara otomatis akan melakukan scrolling untuk menangkap seluruh area website. Itu pun hanya dilakukan dengan satu hingga tiga kali klik saja. Untuk area tertentu yang ingin Anda capture, freehand bisa menjadi pilhan yang tepat. Jalankan kursor mengikuti area yang ingin Anda capture. Program akan mendapatkan area tersebut dan akan menampilkannya di Snagit Editor. Cukup mudah dan cepat. Sama halnya dengan gambar, untuk video pun bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Melalui perangkat kamera atau webcam, Anda bisa mendapatkan rekaman yang bagus.

Program ini juga memberikan berbagai efek untuk menambah daya tarik hasil capture. Efek gambar, menambahkan border, caption, hingga membuat watermark bisa Anda lakukan. Di Snagit Editor ini, gambar yang Anda dapatkan bisa tampil lebih unik dan berbeda dari aslinya, tanpa mengura¬ngi informasi yang ada di dalamnya. Anda juga bisa membuat gambar perspektif dari hasil capture. Ada berbagai macam template perspektif yang siap Anda gunakan. Cukup dengan mengkliknya, Anda bisa melihat preview-nya.

Selain bisa disimpan dalam format gambar, file bisa disimpan juga dalam format Powerpoint atau langsung dikirim ke teman Anda melalui e-mail. Format PDF-pun bisa Anda gunakan. Bahkan, format ini dijadikan satu profil sendiri. Cukup memilih profil tersebut, Anda bisa mendapatkan file berformat PDF dari gambar yang Anda capture.

Berikut fitur-fitur SnagIt :
Capture : Mengambil screen capture dengan sangat mudah
Editor : Mengedit kembali hasil screen capture
Share : Membagikan hasil screen capture ke situs internet
Organize : Melacak kembali hasil screen capture sebelumunya
Toolbar Mini Baru di SnagIt
Live Gambar Baru di SnagIt
Fluida Workflow
Mengedit Interface (hasil screen capture)
Auto-Store
Auto-Store Ekspor Baru
Buka Captures sebelumnya
Panel Visual Pencarian
Tag & Flags
Membuat prangko (Cap)

Pasti ada yang tanya, Mas….apakah SnagIt itu Free atau berbayar yah??? Hehehe….software secanggih SnagIt tidak mungkin gratisan bos, software ini lumayan mahal. Tetapi untuk pembaca setia JavaCretivity, silahkan download secara gratis plus serial-nya ^_^

Silahkan Download SnagIt 10 Full Disini
http://www.4shared.com/file/KTn1qxHS/Snagit_10_Plus_Serial.html

Jangan lupa!! Setelah di download kemudian diekstrak dulu dan Passwordnya adalah www.javacreativity.com

Cara penggunaan serialnya juga sudah dijelaskan pada file yang bernama Serial Number SnagIt 10 ^_^

Berikut ini tampilan SnagIt 10 Capturenya
Dan berikut ini tampilan SnagIt Editornya


0 komentar
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Mantika Studio - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger